Talkshow "Dumelan Mahasiswa"

Pada tanggal 28 Desember rabu kemarin, kelas aku ada praktik pembuatan sebuah program televisi Live. Bener-bener suka banget sama tugas ini karena bersifat live dan bisa ngerasain jadi crew tv beneran. Sebelum tanggal 28 aku dan kelompok aku yang berjumlah 13 orang dibagi-bagi tugasnya dalam pembuatan talkshow ini. Aku memilih untuk menjadi Creative, ternyata seorang Creative sangat penting perannya dalam sebuah pembuatan konsep suatu program. Producer dan Creative adalah orang yang sangat berpikir keras agar sebuah program bisa berjalan dengan baik. Kami selalu rapat setiap selesai kelas dan membicarakan tentang ide agar program kami bisa berjalan mulus.
Walaupun aku ditemani 2 orang temanku menjadi creative tetap saja capek saat membuat rundown acara tersebut, kami harus mengecek menit dan detiknya agar waktunya pas dan tidak over. Namanya juga kelompok pasti ada perbedaan pendapat yang membuat perselisihan sedikit didalamnya, sempat kami semua hampir bertengkar karena perbedaan pendapat tapi kami bisa menyelesaikannya dengan baik. 
Konsep acara ini berjudul "Dumelan Mahasiswa" berisi 3 bintang tamu yang memiliki permasalahan seputar kuliah namun mereka harus tetap melawannya agar permasalahan itu hilang. Talkshow ini terdiri dari 3 segmen dan terdapat games didalamnya.
Saat hari H kami semua otw dari rumah jam 6, karena jam 7 sudah harus evaluasi terlebih dahulu. Kelompok aku merupakan kelompok pertama dari 2 kelas yang maju duluan. Kami semua merinding setengah mati karena takut hasilnya tidak sempurna karena kelompok yang pertama maju menjadi gambaran untuk kelompok lain yang belum maju. Jam pun sudah menunjuk jam 10, semuanya telah hadir untuk menonton talkshow dan alat pun sudah ready untuk di gunakan para crew. Posisi saya waktu itu disamping FD, saya yang menulis di papan tulis dari perintah FD dan FD mendapatkan perintah dari control room yaitu PA. Awal mulai kami sempet kesalahan beberapa kali dalam segmen 1, disitu mulai panik karena kami takut kehabisan waktu karena hanya bisa dikasih waktu sampe jam setengah 1 saja. Tetapi, dengan semangat kami semua bisa menyelesaikan acara talkshow kami dengan baik.
Dosen matakuliah ini pun, memberi komentar yang positif dan kami bisa bernafas lega. Dari tugas ini aku bisa berpikir jika dunia kuliahan walaupun berat harus terus dilawan karena masih ada dunia kerja yang lebih keras diluar sana yang menanti saat lulus nanti. 



Black Tean

"Dumelan Mahasiswa"

Inilah susunan Crew dalam acara talkshow "Dumelan Mahasiswa"
                       
No
Position
Name
1
Producer

Ardilla Syahdan
2
Director
3
Switcher

4

Producer Associate

Anindya Aprilia Putri


5

Floor Director

Difka  Zahara






6





Creative + Properti

Amalia Hanifa


Shifa Fauziah


Syariah




7


Cameraman
Safira Sarah

Muhammad Bagus

Erick Davinza



8


Audioman

Oggy (Control Room)


Radika Devi (Stage)


9


VTR + Editor

Gusti Sharfan

10


Wardrobe

Kartika Ratna

Comments

Popular Posts